Kapolres Imbau Masyarakat Waspada Cuaca Ekstrim di Kota Ternate

Kapolres Imbau Masyarakat Waspada Cuaca Ekstrim di Kota Ternate

Ternate, InfoPublik – Kepala Kepolisian Resor (Kapolres) Ternate, AKBP Andik Purnomo Sigit kembali menghimbau seluruh masyarakat Kota Ternate untuk tingkatkan kewaspadaan akibat cuaca ekstrim yang melanda Maluku Utara khususnya Kota Ternate.

Himbauan orang nomor satu di Mapolres Ternate tersebut, bukan hanya kepada masyarakat yang bermukim di bantaran kali mati, tapi juga masyarakat yang bermukim di lokasi yang rawan longsor maupun lokasi lain yang mudah terjadi bencana alam akibat cuaca ekstrim.

“Yang bermukim di bantaran kali mati maupun lokasi yang rawan  longsor untuk tetap waspada,” ungkap Kapolres Ternate, AKBP Andik Purnomo Sigit melalui Kasi Humas, Iptu Wahyuddin saat dikonfirmasi, Minggu (5/3/2023).

Hujan disertai dengan angin kancang yang melanda Kota Ternate sejak kemarin hingga hari ini lanjut Kapolres, juga rawan terjadinya pohon tumbang sehingga masyarakat khsusunya pejalan kaki maupun pengendara roda dua dan empat juga diminta waspada.

“Antisipasi juga pohon tumbang saat hujan disertai angin kencang,” katanya.

Selain itu, masyarakat khususnya para nelayan maupun para nahkoda speedboad juga diminta untuk menunda keberangkatan sementara sambil menunggu cuaca kembali normal.

“Jika tidak urgent dan mendesak, sebaiknya masyarakat tetap di rumah saja, tunda dulu bepergian. Ikuti perkembangan informasi terutama update perkiraan cuaca ekstrim yang dikeluarkan oleh pihak BMKG Wilayah Kota Ternate,” sambungnya.

Masyarakat juga diminta untuk melaporkan ke layanan contact center 110 jika ada kejadian dan kondisi Kedaruratan yang memerlukan penanganan dari Kepolisian.

“Mari bersama-sama kenali potensi bencana di sekitar kita, siapkan strategi penyelamatan diri dan keluarga,” pungkasnya. RRI/MC Tidore

Sumber: Info Publik

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *